DDR5 Akan Datang dan Bagaimanakah Spesifikasinya?

Double Data Rate 5 (DDR5) ini adalah generasi selanjutnya dari DDR4 RAM. Dikabarkan performa RAM jenis terbaru ini akan lebih baik dibanding pendahulunya, benarkah begitu ? Mari kita simak lebih jauh.

Dikabarkan oleh salah satu perusahaan chip memory dari Korea Selatan yaitu SK Hynix akan menghadirkan DDR5 ini kepada pasar global pada tahun 2020. SK Hynix juga memberikan bocoran bahwa perusahaan ini sedang mengembangkan RAM DDR6 yang dikabarkan akan mempunyai performa 2x bandwith dari DDR5.

Performa



DDR5 ini dikabarkan bakal mempunyai memori yang lebih padat dibanding DDR4. Saat ini DDR4 memiliki batas maksimal 16GB perkeping, DDR5 mungkin dapat memiliki batas maksimal 32GB perkeping atau bisa jadi lebih dari itu.



Data rate pada DDR5 dicangkup akan mempunyai sebesar 6400 MHz yang memungkinkan jauh lebih baik 1,36x di saat membandingkan antara DDR4 dan DDR5 pada 3200MHz. Jika anda membandingkan data rate pada DDR5 4800 MHz maka hasil kecepatannya jauh lebih tinggi dan hampir 2x lipat di banding DDR4.

Selain itu DDR5 ini akan lebih hemat daya di banding pendahulunya, dengan DDR5 ini akan membuat baterai pada laptop menjadi tahan lama.


Harga DDR5 ini pastinya akan lebih mahal dibandingkan DDR4 dikarenakan performa yang jauh lebih baik. Bagaimana tertarik untuk membelinya nanti? 

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post