Apa itu UEFI dan Legacy pada BIOS Serta Perbedaannya ?


Pada saat anda menginstal sebuah operasi sistem terlebih dahulu kita harus masuk ke dalam BIOS. Di dalam BIOS terdapat dua versi Boot Mode yaitu Legacy BIOS dan UEFI. Namun apa perbedaan dari kedua Boot Mode tersebut ? simak artikel berikut ini.



Baca juga: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis Pada BIOS



Legacy BIOS

Legacy BIOS Boot Mode adalah sebuah standar firmware pada BIOS yang menggunakan 16 bit code sementara untuk saat ini kita memakai teknologi prosesor 64 bit. Untuk beberapa vendor Legacy BIOS ini menggunakan istilah CSM (Compatibility Support Module). 


Legacy BIOS ini digunakan untuk komputer jadul saja yang hanya mendukung penggunaan keyboard saja, dalam segi tampilannya masih standar dan untuk penyimpanan menggunakan partisi MBR yang hanya mendukung sampai 2 TB.


Jika dipaksakan dengan teknologi terbaru yang terus berkembang pasti akan terjadi masalah.



Baca juga: Apa Itu Firmware ?



UEFI

UEFI atau Unified Extensible Firmware Interface adalah standar firmware yang di kembangkan untuk menggantikan firmware terdahulu (legacy BIOS) yang dapat berjalan di prosesor 32 bit maupun 64 bit.


Awalnya standar ini bernama EFI yang muncul tahun di pertengahan 1990-an untuk komputer server yang di gunakan oleh perusahaan Intel dan HP. Seiring berjalannya waktu, standar ini diperbarui dan ditingkatkan kemudian munculah EFI v2.x atau yang sering kita sebut dengan UEFI.



Perbedaan Legacy BIOS Dengan UEFI

Mari kita lihat beberapa perbedaan UEFI yang telah diperbaharui dari firmware terdahulunya yaitu Legacy BIOS, yaitu sebagai berikut :
  • Legacy BIOS hanya berjalan di prosesor 16 bit sementara UEFI dapat berjalan di prosesor 32 bit maupun 64 bit.
  • Legacy BIOS hanya mendukung penggunaan keyboard saja sementara UEFI sudah memungkinkan untuk menggunakan touchpad, touchscreen dan sebagainya.
  • Tampilan pada UEFI sudah jauh lebih menarik di banding Legacy BIOS yang hanya menggunakan tampilan standar.
  • UEFI sudah dapat menggunakan partisi penyimpanan GPT yang mendukung kapasitas penyimpanan lebih dari 2 TB sedangkan Legacy BIOS hanya menggunakan partisi MBR yang hanya mendukung kapasitas sampai 2 TB saja.
  • UEFI menggunakan bahasa C sementara Legacy BIOS menggunakan Assembler.
  • UEFI jauh lebih cepat dan aman dibandingkan Leagcy BIOS.

Baca juga: Apa Itu MBR dan GPT Pada Penyimpanan Komputer


Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian.

Post a Comment

Previous Post Next Post