Apa Itu Codec?


Bagi anda pengguna komputer pasti pernah memutar video di komputer melalui sebuah software pemutar video, akan tetapi file video tersebut tidak bisa diputar.
Mengapa file video tersebut tidak bisa di putar? Alasannya  file video tersebut bukan rusak tetapi karena video codec tidak mendukung. Lalu apa itu codec?

Codec (singkatan dari Compressor De-compressor) adalah sebuah perangkat atau program yang dapat mengubah signal digital atau aliran data melalui encoding dan decoding agar dapat dilihat. Codec juga memiliki 3 jenis berbeda sesuai dari fungsinya masing - masing, yaitu video codec, audio codec dan data codec.

1. Video Codec

Video Codec berfungsi sebagai media untuk diputarkan pada sebuah software pemutar video. Berkat perkembangan teknologi, kini data video dapat disimpan dalam format digital dibandingkan teknologi zaman dahulu data video disimpan pada sebuah pita. Dengan video codec ini kita dapat memutar video dalam format dan kualitas berbeda.

2. Audio Codec

Audio Codec ini fungsinya sama seperti video codec hanya saja untuk file audio.

3. Data Codec

Data Codec ini berbeda dengan video atau audio codec. Data codec hanya berfungsi untuk mengcompress atau decompress sebuah data supaya file lebih kecil dalam format seperti zip, rar, 7z dan lain - lain. Data codec ini tidak dapat memutar file video atau audio.


Dengan adanya video atau audio codec ini kita menjadi lebih mudah untuk memutarkan file video dan audio.

Post a Comment

Previous Post Next Post