Pengertian, Fungsi dan Jenis Prosesor


Prosesor atau sering disebut CPU (Central Processing Unit) merupakan hardware terpenting pada komputer, karena bisa dikatakan prosesor adalah otak dari sebuah komputer. Tanpa adanya prosesor, sebuah komputer tidak akan berjalan atau beroperasi sama sekali.

Pengertian Prosesor

Pada umumnya prosesor bisa diartikan sebagai sebuah hardware yang mengatur atau mengontrol dari keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan menjadi otak dari sebuah komputer.

Adapun pengertian prosesor dari beberapa pakar komputer dari hasil risetnya, sebagai berikut :
  • Lia Kuswayatno
Prosesor merupakan sebuah chip yang menjadi pengolah utama dan sebagai pusat pengendali dari berbagai perangkat komputer.
  • Juharis dan Abdul Hamid
Prosesor merupakan pusat eksekusi setiap perintah, baik sebuah intruksi ataupun data dalam sistem komputer.
  • Rahmat Putra
Prosesor merupakan komponen terpenting dalam komputer untuk mengendalikan segala komponen yang ada di dalam komputer, untuk mengolah data dan mengeksekusi semua sistem operasi yang telah diinstalkan di dalam komputer.

Prosesor sering juga disebut dengan Mikroprosesor. Prosesor ini terletak pada soket yang sudah di sediakan pada motherboard.

Fungsi Prosesor

Pada umumnya prosesor berfungsi untuk mengolah data dan membaca intruksi dari memori supaya dapat mengendalikan kerja komputer dengan bekerja sama bersama komponen komputer lainya. Semakin besar kecepetan suatu proses maka akan semakin cepat kinerja suatu komputer. Satuan kecepatan dalam prosesor adalah MHz (Mega Hertz) / GHz (Giga Hertz). Adapun komponen - komponen dari prosesor, yaitu ALU, CU dan MU.

Secara umum ada empat faktor yang menentukan besarnya informasi yang diproses oleh prosesor, sebagai berikut :

1. Ukuran bus internal.
2. Ukuran bus alamat.
3. Kecepatan rating prosesor.
4. Komponen pendingin komputer.

Jenis Prosesor

Sebenarnya ada banyak perusahaan yang memproduksi prosesor. Perusahaan tersebut antara lain adalah Intel, AMD, ARM, Cyrix dan sebagainya. Berikut ini adalah jenis - jenis prosesor dari berbagai perusahaan terkenal.

1. Intel


Intel dikenal dengan chip CPU berbasis silikon yang merupakan chip modern ditahun 1971. Prosesor terkenal dengan prosesor dengan berkualitas tinggi dan banyak digunakan oleh pengguna komputer. Contoh prosesor dari intel antara lain adalah Intel Pentium, Intel Dual Core, Intel Core 2 Duo, Intel Celeron, Intel Core i3, Intel Core i5, intel Core i7 dan seri terbarunya adalah Intel Core i9.

2. AMD (Advanced Micro Processor)


Produk AMD ini tidak kalah terkenalnya dengan prosesor Intel dan malah menjadi saingan Intel sendiri. AMD merupakan perusahaan pemasok global mikroprosesor yang mengadopsi arsitektur X86. Contoh prosesor AMD antara lain adalah AMD K5, AMD K6, Duron, Sempron, Athlon, Opteron Cadiz, Turion dan seri terbarunya adalah AMD Ryzen 9.

3. ARM


Prosesor ARM ini banyak digunakan pada ponsel atau tablet, sehingga tidak heran jika prosesor ini banyak digunakan pada berbagai macam smatphone. Tidak seperti Intel dan AMD yang memproduksi dan menjual prosesor. ARM ini hanya menjual lisensi desain prosesor kepada perusahaan pemanufaktur semikonduktor, seperti Qualcomm, Nvidia, Apple, Samsung bahkan Intel dan AMD sendiri membeli lisensi desain ARM.

4. Cyrix


Cyrix merupakan salah satu pemasok komputer yang mempunyai performa cukup tinggi. Prosesor ini pernah hampir menyamai Intel dan AMD. Namun kini prosesor Cyrix ini sudah tidak terdengar lagi. Contoh prosesor ini antara lain adalah Cyrix FasMAth, Cyrix 486SLC, Cyrix 486DLC, Cyrix MII.


Jadi, prosesor sangatlah penting untuk sistem komputer tanpa adanya prosesor sebuah komputer tidak akan berjalan sama sekali.

2 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post