Cara mengecek kondisi kesehatan hardisk atau SDD dengan software HDD Sentinel

Pernahkah kita membeli atau mempunyai sebuah harddisk maupun sdd namun dalam kondisi bekas atau second? walapun fisik dari harddisk atau ssd masih dalam bagus tetapi masih ada beberapa masalah yang tidak terlihat misalnya umurnya yang sudah lama atau tua, performa yang tidak stabil, dan bahkan ada virus berbahaya didalamnya. Lalu bagaimana kita bisa melihat kondisi harddisk atau ssd kita dalam keadaan baik. Untuk melakukannya, kita bisa menggunakan software yang bernama HDD Sentinel.

A. Apa itu HDD Sentinel ?

HDD Sentinel merupakan sebuah software yang dapat memantau dan menganalisa HDD atau SSD mulai dari menguji performa, mendiagnosis, dan memperbaiki masalah harddisk, melaporkan dan menampilkan kesehatan SSD dan HDD, penurunan dan kegagalan kinerja. Software ini akan memberikan informasi tekstual lengkap dan tips. Berbagai lansiran dan opsi laporan tersedia untuk memastikan keamanan maksimum data-data berharga.


B. Bagaimana cara menginstallnya ?

1. Download HDD Sentinel di website resmi atau klik link disini.
2. Pilih versi trial jika hanya ingin mencoba software tersebut dan sesuaikan dengan OS yang dibutuhkan.

3. Setelah download selesai, install softwarenya dan pilih lokasi penyimpanan jika dibutuhkan.
4. Buka softwarenya dan kita bisa lihat kondisi harddisk atau ssd pada laptop atau dekstop.


Dengan ini kita bisa memantau kinerja atau performa dari harddisk atau SSD yang kita gunakan dan meningkatkan keamanan data-data berharga. Semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita serta bisa lebih berhati-hati menjaga kondisi hardware terutama HDD atau SSD. Sekian dari saya, saya ucapkan terima kasih dan jika ada saran atau masukan jangan lupa komentar di kolom komentar.

Post a Comment

Previous Post Next Post