Apa itu bottleneck ?


Pernahkah kita mendengar yang namanya bottleneck ? biasanya sebutan ini sering terjadi ketika seseorang ingin merakit sebuah PC dengan berbagai macam racikan layaknya racikan bumbu masakan. Namun, dari berbagai racikan komponen PC yang dibuat apakah terjadi bottleneck? berikut adalah penjelasan tentang bottleneck.


1. Pengertian bottleneck

bottleneck merupakan sebuah perumpamaan yang di ilustrasikan sebuah botol air berkapasitas besar tapi ketika dituangkan tidak bisa mengeluarkan air dengan baik karena tertahan lubang leher botol yang kecil. Bottleneck terjadi ketika suatu komponen-komponen pada PC tidak bisa memberikan performa yang baik.


2. Apa penyebab bottleneck?

seperti sebelumnya, bottleneck terjadi ketika suatu PC tidak bisa memberikan performa dengan baik. Hal ini terjadi oleh beberapa penyebab yaitu.

a. Hardware

hardware bisa menjadi salah satu penyebab bottleneck karena jika memilih suatu komponen yang salah dapat menyebabkan performa yang didapatkan tertahan oleh komponen-komponen yang terlalu lawas.

b. Software/game

software dan game juga bisa menjadi penyebab bottleneck karena beberapa software dan game hanya bisa berjalan normal dengan beberapa konfigurasi dari komponen-komponen tertentu. Misalnya suatu software atau game  yang kita gunakan hanya bisa berjalan dengan spesifikasi yang tidak tinggi tapi PC kita memiliki spesifikasi lebih tinggi dariyang dibutukan dan membuat performa pc kita tertahan.

c. Driver

bottleneck pada driver biasanya terjadi ketika versi driver-driver yang terinstall sudah terlalu lawas yang menyababkan beberapa bug atau kesalahan sistem pada PC kita.


3. Apakah Bottleneck bisa dihilangkan dan adakah cara mengatasinya ?

Bottleneck tidak bisa dihilangkan dan yang kita bisa lakukan adalah mengurangi dampak dari bottleneck tersebut. Karena sebagus-bagusnya dan semahal-mahalnya kompenen pada PC kita pasti ada bottleneck dan cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir terjadinya bottleneck diantara lain.

a.Gunakan komponen-komponen yang  tepat baik mulai dari CPU, GPU, MOBO, PSU, Ram, dan Storage yang sesuai.

b. Pilihlah software dan game yang kompatibel dengan komponen-komponen yang dimiliki

c. Update secara rutin driver-driver jika diperlukan supaya bug atau kesalahan pada sistem bisa dikurangi.


Demikian penjelasan mengenai bottleneck mulai dari pengertian sampai cara mengatasi bottleneck. Semoga artikel ini bisa membantu kita dan bisa menambah wawasaan.


Post a Comment

Previous Post Next Post