Apa Itu MBR dan GPT Pada Penyimpanan Komputer


Sebelum menginstal sebuah Operasi Sistem pada komputer seperti instalasi OS Windows, alangkah lebih baik kita harus mengetahui tabel partisi pada penyimpanan kita (hard disk, SSD, flashdisk dan sebagainya). Untuk saat ini terdapat dua macam tabel partisi pada penyimpanan komputer yaitu MBR dan GPT.



MBR 

Skema partisi pada MBR

MBR atau Master Boot Record di perkenalkan berbarengan dengan operasi sistem DOS 2.0 oleh IBM pada tahun 1983 dan menjadi standar tabel partisi untuk media penyimpanan.


MBR hanya bekerja sampai dengan ukuran penyimpanan 2TB jika lebih dari itu maka data akan hilang dan MBR mendukung sampai dengan 4 partisi utama.


MBR ini biasanya digunakan dalam komputer lawas dan hanya bekerja dengan legacy BIOS.



GPT

Skema pada partisi GPT

GPT atau GUID Partition Table di kembangkan mulai tahun 1990 untuk menjadi standar tabel partisi terbaru untuk menggantikan MBR dan menggunakan Global Unique Identifier (GUID) untuk setiap partisinya.


GPT mendukung sampai dengan 128 partisi utama dan bekerja sampai dengan Zettabyte ukuran penyimpanan.


GPT ini membutuhkan UEFI pada BIOS dan bekerja di hardware 64 bit. Untuk operasi sistemnya bekerja dimulai dari Windows XP Professional, semua linux 32bit dan 64bit sistem dan semua operasi sistem modern.



Sekian untuk penjelasan mengenai tabel partisi MBR dan GPT. Semoga bermafaat dan dapat menambah luas wawasan.

Post a Comment

Previous Post Next Post