Bagusan Intel Atau AMD ?


Prosesor pada pc atau laptop kebanyakan Intel dan AMD apalagi pada seri gamingnya. Terus bagusan yang mana ? Sebelum main banding-bandingan, kita harus tahu apa itu prosesor ?

PROSESOR

  • Pengertian

Prosesor adalah otak pada komputer dan alat pengendali kerja komputer yang bekerjasama perangkat komputer lainnya, satuan kecepatan pada sebuah Prosesor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) semakin besar kecepatan suatu Prosesor maka akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses.

  • Fungsi
Fungsi prosesor dalam sebuah komputer mempunyai fungsi yang sangat penting, dengan ukurannya kecil dapat menentukan kecepatan performa dari sebuah komputer. Pada umumnya fungsi sebuah prosesor adalah untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran atau output.
  • Maksud kode huruf dibelakang prosesor
Setelah melihat sedikit pengertian dari prosesor, saatnya untuk membandingkan antara Intel dengan AMD

Intel


Intel Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS.

Kelebihan
  1. Temperaturnya bisa diatur oleh processor itu sendiri (kecepatan akan otomatis dikurangi jika processor terlalu panas)
  2. Dibandingkan prosesor lain seperti AMD, Pipeline pada intel lebih panjang
  3. Merek ini unggul dalam hal brand image serta marketnya.
  4. Kinerja produk prosesornya Pentium 4 dengan harga standar sudah lumanyan cepat.
  5. Beberapa uji joba permorma membuktikan bahwa dibandingkan prosesor lain (AMD) ternyata prosesor intel lah yang kuat dalam hal apapun.
  6. Cocok untuk gaming
Kekurangan
  1. Lemah dalam urusan grafis , gaming serta program 3D bila dibandingkan dengan AMD misalnya.
  2. Untuk menggunakan prosesor ini Anda perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit apalagi jika yang diinginkan performa tinggi yang di hasilkan oleh prosesor core i.
  3. Tidak direkomendasikan untuk miltimedia
AMD
AMD (Advanced Micro Devices, Inc) adalah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika Serikat yang berbasis di Sunnyvale, California yang mengembangkan prosesor komputer dan teknologi yang terkait untuk pasar konsumen dan komersial. Produk yang utama termasuk mikroprosesor, chipset motherboard, embedded prosesor kartu grafis (GPU) dan prosesor untuk server, workstation dan komputer pribadi (PC), dan teknologi prosesor untuk perangkat genggam, televisi digital, mobil, konsol game, dan aplikasi lainnya yang terdapat sistem.
Kelebihan
1. Lebih murah
2. Terdapat pendeteksi malware
3. Lebih unggul dalam segi grafis
4. Cocok untuk multistasking dan gaming
Kekurangan
1. Cepat panas

Kesimpulan
Jika kalian mencari prosesor untuk multitasking dan gaming dengan harga yang terjangkau pilihlah AMD dan jika hanya untuk gaming dan multimedia dengan tidak mementingkan harganya silahkan pilih Intel. Karena semua kembali lagi kepada kalian. 

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post