Pengertian, Fungsi dan Jenis RAM


Bagi pengguna komputer atau gadget sudah tidak asing lagi dengan istilah RAM. Untuk sebagian orang, semakin besar kapasitas sebuah RAM maka kecepatan akses data akan lebih cepat benar begitu? simak penjelasan berikut.

Pengertian RAM

RAM singkatan dari Random Access Memory, berfungsi untuk menyimpan data dari hasil proses prosesor untuk sementara. 

Tidak seperti HDD atau SSD RAM sendiri hanya bersifat sementara yang artinya disaat komputer mati maka RAM akan kembali kosong dan jika anda menyalakan komputer maka RAM akan terpakai kembali.

Fungsi RAM

Fungsi RAM sendiri yaitu untuk menyimpan memori sementara dari register. Mula - mula register tersebut mengolah data dari intruksi yang diberikan lalu data tersebut di simpan pada RAM.


RAM juga berfungsi untuk membaca data dalam sebuah harddisk supaya data dapat dibaca menjadi lebih cepat.

Lantas apa benar semakin besar kapasitas sebuah RAM maka kecepatan akses data akan lebih cepat?
Ya itu benar, tetapi jika akses cepat tidaknya itu tergantung dari kecepatan sebuah prosesor. Semakin besar kapasitas RAM maka dapat mengurangi potensi dari lag atau lemot pada komputer ataupun smartphone.

Jenis RAM


1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)


RAM jenis ini merupakan memori semi konduktor yang artinya data yang terkandung di dalamnya harus disegarkan secara berulang oleh prosesor agar tidak hilang. 

RAM ini hanya memiliki satu jenis transistor dan kapasitor yang membuat nya lebih dinamis dari RAM lain dan memiliki akses yang cukup tinggi. DRAM memiliki frekuensi yang berkisar antara 4,7 MHz sampai dengan 40 MHz.

2. SRAM (Static Random Access Memory)
Berbeda dengan DRAM, RAM jenis ini terbuat dari semi konduktor namun tidak memerlukan kapasitor dan data yang terkandung di dalamnya tidak perlu disegarkan secara berulang oleh prosesor agar tidak hilang. Alasanya karena RAM ini hanya menggunakan transistor tanpa kapasitor.

RAM ini jarang digunakan karena biaya produksinya yang mahal. RAM ini hanya tersedia dalam ukuran kecil dan digunakan untuk hal yang sangat penting. Pada SRAM ini memiliki akses yang lebih tinggi dibanding DRAM yang berkisar antara 500MHz lebih.

3. SDRAM (Syschronous Dynamic Random Access Memory)
RAM jenis ini banyak digunakan pada tahun 1996 sampai 2003.RAM ini diletakan pada slot RAM di motherboard yang dapat menampung memori mulai dari 16 MB sampai dengan 1 GB.

SDRAM memilki frukuensi yang berkisar antara 100 MHz sampai 133 MHz.

4. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)
RAM jenis ini adalah salah satu tipe dari DRAM yang diproduksi oleh perusahaan Rambus Corporation. RDRAM memiliki memory controller yang canggih sehingga tidak semua motherboard dapat mendukung nya.

RDRAM memiliki frekuensi sebesar 800 MHz.

5. EDO DRAM (Extended Data Out Dynamic Random Access Memory)


RAM jenis ini  dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara bersamaan. EDO DRAM ini dikembangkan pada tahun 1995 dan mempunyai akses lebih tinggi pada saat itu.

EDO DRAM memiliki frekuensi sebesar 66 MHz.

6. FPM DRAM (First Page Mode Dynamic Random Access Memory)
RAM jenis ini adalah model awal dari DRAM. FPM DRAM ini memiliki akses yang sangat lambat. FPM DRAM memiliki frekuensi yang berkisar antara 16 MHz sampai dengan 66 Mhz.

7. Flash RAM


RAM ini memiliki kapasitas yang rendah biasanya digunakan pada televisi, VCR sampai dengan ponsel lama. Memori ini hanya perlu disegarkan dengan daya yang kecil.

8. VRAM (Video Graphic Random Access Memory)


RAM jenis ini digunakan pada sebuah VGA untuk menyimpan kandungan pixel pada grafik. Penggunaan VRAM ini dapat mengurangi tekanan pada prosesor sekaligus memberikan performa video ataupun grafik yang baik.

9. DDR SDRAM (Double Date Rate SDRAM)
RAM jenis ini yang banyak digunakan sekarang di karenakan jenis RAM ini memiliki akses yang lebih tinggi diantara jenis RAM yang lain. RAM jenis ini juga hanya mengonsumsi daya listrik yang rendah.

DDR SDRAM ini memiliki akses yang dua kali lebih tinggi dibandingkan SDRAM. DDR SDRAM dibagi menjadi beberapa seri yaitu: DDR1, DDR2, DDR3, dan saat ini kecepatan tertinggi masih di pegang di DDR4.

10. SO - DIMM (Small Outline Dual in-line Memory Module)


RAM jenis ini biasanya digunakan pada notebook dan laptop karna bentuk fisiknya yang ringkas.

11. LPDDR RAM (Low Power DDR SDRAM)
RAM jenis ini merupakan jenis dari DDR SDRAM yang dikembangkan khusus untuk perangkat smartphone

Sama seperti DDR SDRAM, LPDDR RAM ini juga memiliki beberapa jenis yaitu: LPDDR1, LPDDR2, LPDDR3, LPPDR4 dan seri terbarunya adalah LPDDR5 yang memiliki akses lebih cepat dibandingkan seri terdahulunya.


Jadi itulah pengertian fungsi dan jenis mengenai RAM. Semoga postingan ini bermanfaat.

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post