Apa Itu Firmware ?



Tidak hanya tentang Hardware dan Software saja, di dunia teknologi ada yang di sebut dengan Firmware. Apa itu Firmware dan bagaimana fungsinya ? Simak artikel berikut ini untuk penjelasan Firmware.


Pengertian Firmware

Firmware (perangkat tegar) adalah sebuah perangkat lunak (software) yang tertanam pada sebuah perangkat keras (hardware) yang akan mengeksekusi dari intruksi atau perintah yang ada di dalam perangkat keras (hardware).


Tanpa adanya Firmware di dalam hardware, maka hardware tersebut tidak dapat berjalan dengan baik.


Firmware ini terletak di bagian ROM (read only memory) dan PROM (programmable read only memory). Firmware jenis ini di desain tidak bisa di ubah firmware nya. Ada juga ROM yang firmware nya dapat di ubah yaitu EEPROM (Erasble programmable read only memory) dan memori flash.



Contoh Firmware

Tidak hanya pada hardware baik itu di komputer ataupun smartphone, di dalam barang elektronik pun juga terdapat firmware. Contohnya adalah sebagai berikut :

  1. Alat elektronik, yaitu remot televise, alat timer di mesin cuci, ac, kalkulator dan sebagainya.
  2. Komponen komputer, yaitu BIOS, UEFI (Unifed Extensble Firmware Interface), Open Firmware, kickstart, ARCS pada computer silicon graphics.
  3. Router dan Firewall, yaitu IPFire, m0n0wall OpenWRT.



Perbedaan Firmware dengan Software

Walaupun firmware ini adalah software akan tetapi firmware ini memiliki perbedaan dengan software. Perbedaan tersebut adalah sebagai berikut :


1. Bahasa Pemrograman

Software di buat menggunakan Middle-level programming language (seperti c++ dan java) dan High-level programming language (seperti pascal), sedangkan firmware di buat menggunakan Low-level programming  language (seperti assembly) yang hamper mendekati bahasa mesin.


2. Segi Penggunaan

Software di gunakan untuk menghubungkan antara pengguna dengan komputer, sedangkan firmware digunakan untuk mengendalikan hardware.


3. Memori

Software memiliki ukuran memori yang relatif besar, sedangkan firmware memiliki ukuran memori yang sangat kecil paling besar sekitaran beberapa KB.


4. Pengubahan informasi atau data

Software dapat melakukan menambah data, membaca data, menghapus data dan mengubah data dan sebagainya. Sedangkan firmware tidak dapat mengubah data walaupun dan melakukan upgrade data.


Demikianlah artikel mengenai Apa Itu Firmware, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

Post a Comment

Previous Post Next Post