Mengenal Interrupt Pada Komputer



Pada saat anda bermain game anda harus memberhentikan game dengan mem-pause game tersebut di karenakan ada telepon yang mendadak dan harus segera di balas. Setelah telepon berakhir anda melanjutkan bermain game tersebut itulah yang di namakan dengan interrupt, lalu apakah interrupt itu sendiri ?

 


Pengertian Interrupt

Interrupt atau bahasa Indonesia nya interupsi adalah suatu permintaan khusus pada mikroprosesor untuk berhenti sejenak apa yang sedang di kerjakan dan melakukan hal yang lebih penting terdahulu sampai berakhir dan setelah itu melanjutkan kembali apa yang di berhentikan tadi.


Penjelasan interrupt untuk program pada komputer sendiri contohnya saat anda bermain game anda mem-pause game tersebut dan membuka program lain di situlah terjadi interrupt. Program yang dijalankan pada saat melayani interrupt disebut Interrupt Service Routine. Dan program yang melayani suatu interrupt dinamakan dengan Interrupt Handler.



Jenis Interrupt

1. Internal HW interruption

Di timbulkan oleh peristiwa tertentu yang terjadi pada waktu eksekusi program, contohnya adalah timer.

2. Eksternal HW interruption

Di timbulkan oleh input atau output yang mengirimkan data yang telah selesai atau bisa juga kegagalan disaat mengirimkan data. Contohnya adalah keyboard, printer dan sebagainya.

3. Hardware interruption

Di timbulkan oleh masalah listrik. Contohnya seperti di saat anda me-restart komputer.

4. Software interruption

Di timbulkan oleh peristiwa di saat program terjadi pembagian dengan 0. Software interupttion terbagi menjadi dua yaitu BIOS interruption dan DOS Interruption.


Itu dia artikel mengenai Mengenal interrupt pada komputer, semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Post a Comment

Previous Post Next Post