Cara Memeriksa Tipe Partisi HDD GPT atau MBR Pada Komputer


HDD atau Hard Disk Drive merupakan perangkat keras yang dapat menyimpan data-data pada PC maupun laptop. Ketika menginstall windows, kita diberi opsi untuk membuat partisi lebih dari 1. Tipe partisi ada 2 yaitu MBR dan GBT sebagai tempat sistem operasi.

Secara default pada saat menginstall windows tipe partisi MBR akan dipilih. MBR atau Master Boot Record merupakan metode lama untuk penyimpanan sistem operasi dan hanya dapat bekerja maksimal 2TB serta mendukung partisi maksimal 4 partisi. GPT atau GUID Partition Table hadir untuk memperbaiki kekurangan MBR dengan keunggulan yang mendukung partisi hingga 128 dan dapat bekerja lebih dari 2 TB pada HDD sistem operasi.

Pada kali ini kita tidak membahas pengertian lebih lanjut tentang GPT atau MBR melainkan tata cara memeriksa tipe partisi yang kita gunakan. Ada dua cara mudah yang bisa dilakukan yaitu :


1. Command Prompt

a. tekan windows dan klik search bar atau windows + s kemudian tulis cmd. Setelah muncul logo cmd, tekan enter atau klik logonya seperti berikut.

    
b. Ketik "diskpart" dan tekan enter. Setelah diskpart muncul ketik lagi "disk list" kemudian enter lagi.
c. Table di paling kanan adalah nama tipe partisi yang digunakan.


2. Run Command

a. Tekan tombol windows + r kemudian ketik "diskmgmt.msc" dan enter.


b. Klik kanan pada kolom disk seperti gambar berikut dan pilih properties



c. Setelah itu, pilih menu volumes dan tipe partisi akan tampil pada baris "partition style".


Demikian penjelasan singkat mengenai cara memeriksa tipe partisi HDD GPT atau MBR. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan.

Post a Comment

Previous Post Next Post